Sunday, April 19, 2015

Soal Fisika Fluida Dinamis

Soal Fisika Fluida Dinamis

Soal Fluida Dinamis


Berikut soal latihan Fisika materi Fluida Dinamis. Soal Fluida Dinamis berikut kami rangkum dari kumpulan Soal - Soal Fisika Fluida di buku bank soal. Selamat mengerjakan :-) .



Soal Persamaan Kontinuitas

1) Sebuah kolam renang berukuran 1,5m x 0,6m x 20m setelah dibuang airnya, kemudian diisi kembali menggunakan pompa air dengan pipa yang luas penampangnya 10 cm2. Jika kelajuan air yang keluar dari pompa 10 m/s, kolam akan penuh dalam waktu . . . menit.

2) Sebuah pipa besar mempunyai luas penampang 6 cm2. Ujungnya mempunyai keran dengan  luas penampang 2 cm2, kecepatan zat cair yang mengalir pada pipa yang besar 0,2 m/s. Dalam waktu 10 menit, zat cair yang keluar dari keran adalah . . . liter.

3) Bak air dengan luas penampang 1 m dan tingginya 1 m diisi air berkecepatan 5 m/s dari keran yang berpenampang 2 cm2. Waktu yang dibutuhkan sampai bak air penuh adalah . . . menit.

4) Sebuah kolam volume 5 m3 dalam keadaan kosong dialiri air lewat selang yang berpenampang 4 cm2. Jika air mengalir dengan kecepatan 10 m/s, waktu yang dibutuhkan mengisi kolam sampai penuh adalah . . .

5) Sebuah tangki air memiliki kedalaman 0,8 m. Sebuah lubang dengan luas penampang 5 cm2 dibuat dasar di tangki. Berapa Volume air per menit yang mula - mula akan keluar . . .

6) Sebuah bak yang ukurannya (0,5 x 0,5 x 1) m3 diisi air dengan sebuah pipa yang memiliki luas penampang 2 cm2 akan terisi penuh dalam waktu 5 menit. Besar kecepatan pancaran air yang keluar dari pipa adalah . . .

7) Fluida mengalir dengan kecepatan 3 m/s di dalam pipa bergaris tengah 4 cm, kemudian memasuki pipa kedua yang bergaris tengah 2 cm. Kecepatan fluida dalam pipa adalah . . .

8) Suatu zat dialirkan melalui pipa yang berbentuk silinder. Pipa besar dengan luas penampang 25 cm2 dan kecil dengan luas penampang 5 cm2, Jika laju aliran di penampang kecil 10 m/s, maka debit di penampang besar adalah . .

9) Air mengalir pada suatu pipa yang diameternya berbeda dengan perbandingan 1 ; 2. Jika kecepatan air yang mengalir pada bagian pipa yang besar sebesar 40 m/s maka besarnya kecepatan air pada bagian pipa yang kecil adalah . . .

10) Air mengalir melalui pipa mendatar dengan luas penampang pada masing - masing ujungnya 200 mm2 dan 100 mm2. jika air mengalir dari penampang besar dengan kecepatan 2 m/s maka kecepatan air pada penampang kecil adalah . . .

Soal Hukum Bernouli

1) Sebuah pipa mendatar mempunyai dua bagian diameter yang berbeda masing - masing 6 cm dan 3 cm. Jika pada diameter besar air mengalir dengan kecepatan 1 m/s tekanan 15 kPa maka kecepatan dan tekanan pada bagian pipa yang lain adalah . . .

2) Pada pipa venturimeter luas penampang besar 12 cm2 dan luas penampang kecil 8 cm2, jika g = 10 m/s2 dan selisih ketinggian kedua pipa 25 cm, berapa kecepatan air yang memasuki pipa venturimeter tersebut . . .

3)Pada alat venturimeter penampang besar luasnya 5 cm2 dan penampang kecil luasnya 3 cm2 dengan perbedaan tinggi 45 cm, maka debit aliran pada pipa tersebut adalah . . .

4)  Luas penampang pada pipa venturimeter adalah 18 cm2 dan 6 cm2. Beda ketinggian air pada pipa adalah 5 cm. Kecepatan aliran air pada pipa venturimeter adalah . . .

5) Jika air mengalir melewati pipa venturimeter, dimana luas penampang besar dan luas penampang kecil berturut - turut adalah 10 cm2 dan 8 cm2, g = 10 m/s2. Selisih tinggi permukaan air 5 cm. Maka kecepatan air yang memasuki pipa venturimeter adalah . . .

6) Jika kecepatan angin 20 m/s, perbedaan tinggiair raksa pada manometer pipa pitot 4 cm. Kecepatan angin jika perbedaan tinggi air raksa 8 cm adalah . . .

7) Bagian bawah dari kolam renang terdapat keran pembuangan yang luas penampangnya 4 cm2. Jika tinggi permukaan air dari keran 1,8 m maka banyaknya air yang keluar dari keran selama 2 menit adalah . . .

8)Pada suatu tandon, air memancar sejauh 1 m dari kaki tandon. Jika ketinggian lubang dari permukaan tanah adalah 0,5 m, tentukan tinggi tandon tersebut . . .

9) Jika udara(massa jenis = 1,29 kg/m3) dialirkan ke dalam pipa pitot dan perbedaan tinggi air raksa(massa jenis = 13600 kg/m3) pada manometer 3 cm maka kecepatan aliran udara tersebut adalah . . . (g = 9,8 m/s2)

10) Pada suatu tangki berbentuk silinder yang berisi air terdapat sebuah lubang di dasar tangki, dari lubang tersebut memancar air dengan membentuk sudut 30 derajat terhadap permukaan tanah. Jika jarak pancaran 2 m, maka tinggi air dalam tangki adalah . . .


Selesai, Terima kasih atas kunjungannya di Soal Fisika Fluida Dinamis
Semoga bermanfaat untuk kalian semua (amin.)

0 comments:

Post a Comment